Article Detail

Karyawan Tarakanita Mesti Tampil Cantik

Lahat (20/5), Pelayanan (service) menjadi salah satu faktor kunci yang harus dipahami dan dijalankan oleh seluruh lini dalam organisasi. Mengingat betapa pentingnya sebuah kualitas pelayanan, Yayasan Tarakanita merasa perlu untuk mengkaji dan menformulasikan ulang proses layanan yang diberikan. Di tengah-tengah  persaingan yang menuntut kualitas, maka pemahaman akan pentingnya pelayanan yang prima kepada customer hendaknya menjadi prioritas, baik berkaitan dengan peran atau tugas karyawan maupun teknik komunikasi yang sehat sehingga kesulitan-kesulitan dalam mengupayakan layanan prima dapat diatasi dengan baik. Hal ini tentu saja berimplikasi pada terealisasinya harapan-harapan customer terhadap proses pelayanan pendidikan Tarakanita. Pelayanan yang diberikan dimulai dari penampilan diri secara prima  sesuai buku panduan pelayanan prima. Memahami profesionalitas sebagai seorang karyawan dalam memaksimalkan penampilan di lingkungan kerja demi pelayanan berkualitas bagi pelanggan sangat penting, sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai. Penampilan diri akan mendukung kepercayaan diri dalam menjalankan tugas yang berdampak pada produktivitas dalam pekerjaan. Penampilan yang menarik merupakan landasan kinerja yang menarik pula, karena performance dan prestasi kerja juga diukur berdasarkan penampilan diri.

Bekerjasama dengan LPK Lukssita Salatiga, Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat adakan workshop Profesional Grooming yang diikuti Guru dan tenaga Tata Usaha Jumat (15/5) lalu di aula TK Santo Yosef. Hadir sebagai narasumber Yustina Denik Risyanti, S.Pd. Pimpinan LPK Lukssita dan Sanggar Lira (Limbah Rambut). Beliau adalah  pakar kecantikan Nasional dan peraih juara 1 Nasional Tata Rias Rambut.  Hadir bersama beliau Dra. Budiati Supangat, Murshillah, dan Atika Natasari. Pelatihan ini dirancang  dengan tujuan meningkatkan  kesadaran, kemampuan, dan komitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang berorientasi pada pelayanan prima (service excellence) baik kepada external customer maupun internal customer. Materi yang dibahas dan dipraktikkan yaitu pelayanan prima (service excellence), merias wajah minimalis (make up), menata rambut minimalis (styling), dan merawat wajah tanpa harus ke salon (facial).

Program Kerja Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat ini bertujuan mengetahui dan memahami paradigma mentalitas dalam melakukan pelayanan,  memahami jenis-jenis kepribadian (personality) yang diperlukan oleh seorang insan pelayanan (service person), memahami konsep pelayanan prima (service excellence), melatih kepekaan (sensivity) terhadap customer,  menguasai tips praktis dalam menghadapi customer, mengelola serta mengatasi customer complain, dan memahami serta menguasai tips dalam merias diri, merawat diri sesuai dengan profesi, kesempatan dan waktu agar terjaga kebersihan dan kesehatan.

Antusias karyawan sungguh luar biasa, pelatihan dirancang agar karyawan langsung praktik tatacara merias (teman) yang sempurna, cara penggunaan bahan kecantikan, dan keselamatan kerja  yang dipandu tim dari Lukssita. Workshop menjadi heboh dengan penampilan  bapak-bapak  yang berjalan satu persatu untuk melakukan fashion show dan dilakukan penilain oleh tim Lukssita. Hasilnya sebagai peserta fashion show terbaik pertama F. Heriyanto, terbaik kedua FX. Suripto, dan terbaik ketiga Paulus Wargito.***

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment