Article Detail

Tentukan Level Kompetensi TU dengan Uji Kompetensi

Lahat (14/5)—Tarakanita Assessment Center lakukan uji kompetensi Tata Usaha sekolah dan kantor wilayah secara serentak seluruh kantor wilayah Yayasan Tarakanita di Indonesia hari ini, Sabtu (14/5) mulai pukul 08.00 WIB. Sebanyak 25 Tata Usaha Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat mengikuti uji kompetensi ini yang terdiri dari tujuh peserta TU kantor wilayah, tujuh TU SMA Santo Yosef, lima TU SMP, lima TU SD, dan 1 TU TK Santo Yosef. Pelaksanaan dilakukan di aula SMP Santo Yosef didampingi tim asesor Kanwil Lahat, Wakijan, Kabag HRD dan Heri Susilo, Divisi Pendidikan.

Uji kompetensi ini sebagai pemetaan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang nantinya sekaligus sebagai dasar penetapan awal level kompetensi setiap karyawan. Untuk menentukan level diperlukan uji kompetensi secara komperehenship. Ada dua tahap dalam uji kompetensi ini, pertama uji pengetahuan umum dan pengetahuan TIK secara online melalui aplikasi Siktar, menu TAC dan kedua, uji praktik TIK. Uji praktik sebagai uji unjuk kerja TU sekolah dan kantor wilayah yang diperlukan untuk melengkapi penilaian multirater yang lalu.

Soal uji praktik terdiri dari tiga bagian, yaitu soal uji praktik MS.Word-1, Ms Word-2, dan uji praktik MS. Excel. Untuk TU kantor wilayah ditambah uji paraktik MS. Powerpoint. Teknik pelaksanaannya dilakukan secara terpadu antara teknik offline dan online. Offline dengan cara peserta mengerjakan soal di laptop masing-masing setelah selesai di upload secara online dengan menggunakan aplikasi Siktar, menu TAC.

Kabag HRD, Wakijan, di awal sebelum pelaksanaan dimulai menyampaikan kepada peserta bahwa dimohon agar dapat menjawab soal pengetahuan umum dan TIK secara online maupun uji praktik dengan sebaik-baiknya tidak perlu tergesa-gesa. Waktu yang diberikan sangat cukup untuk menyelesaikan soal tersebut. Lebih lanjut beliau mengingatkan bahwa uji kompetensi ini akan menentukan level kompetensi karyawan bagian Tata Usaha baik yang di sekolah maupun kantor wilayah.***

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment